30 Agustus 2016

Rehat Sejenak ke Balikpapan

Tanggal 13 s.d. 14 Agustus 2016, kami keluarga besar KPPN Samarinda pesiar bersama ke Balikpapan. Rehat sejenak dari rutinitas kantor yang mungkin bagi sebagian orang hanya itu itu saja yang dikerjakan. Bermain dengan rekan rekan kerja seperti anak kecil lagi, ternyata juga mengasyikkan. Coba kalau main sendiri, kan malu....tapi jika main sama-sama dan dengan keluarga besar, apalagi mainnya terarah ya...malunya dikesampingkan dulu. Yang penting bisa tertawa lepas dengan permainan yang ada. 


Disamping itu juga berkunjung ke hutan tempatnya beruang madu, ada juga keasyikannya. Selain alam per-hutan-an yang suejuk banget, melihat beruang madu yang ada di sana seperti melihat boneka anakku yang ada di rumah. lucu-lucu beruangnya. di sana hanya ada 7 beruang madu dan kelihatan sehat sehat. Tiap sore mulai pukur 15.00 wita pengunjung bisa melihat beruang madu di pinggir-pinggir hutan. Petugas setempat, sengaja menempatkan makanan-makanan yang disukai beruang madu di pinggir-pinggir hutan. hal ini dimaksudkan agar pengunjung bisa melihat beruang madu secara langsung tanpa harus masuk ke dalam hutan yang penunh dengan semak belukar. Beruang madu merupakan beruang pemakan segala atau omnivora. Makanan yang sering disebar di pinggir hutan itu semacam buah semangka, buah pisang dan buah buah yang lain. Ada yang ditaruh di atas rumput, ada yang ditaruh di ranting - ranting pohon supaya si beruang memanjat pohon tersebut, dan ada yang disembunyikan. walau disembunyikan, beruang madu bisa mencium makanannya dari jarak 300 meter.
 
Untuk menjaga keselamatan pengunjung, di pinggiran hutan dipasang kawat yang dialiri listrik arus lemah sekedar untuk mengejutkan si beruang jika menyentuhnya. Pengunjung dilarang untuk mengeluarkan suara yang keras ketika melihat-lihat aktifitas beruang yang sedang makan. Hal ini dikarenakan beruang sangat sensitif terhada suara keras. Dia bisa kabur ke dalam hutan untuk menghindari suara yang keras itu karena ketakutan.

Puas melihat-lihat beruang madu, kami lanjut ke pantai di dekat kantor BI Balikpapan di depan Kodam( aku lupa namanya). disitulah kami bermain main layaknya anak kecil. Karena bertepatan dengan bulan kemerdekaan, permainan nya ada lomba makan kerupuk...ha.ha.ha......permainan yang lain lain dan juga main main air laut. Setidaknya dengan main main itu, hubungan sesama pegawai bisa lebih diakrabkan lagi dan bekerja bisa jadi lebih semangat lagi.  

Tidak ada komentar: